Senin, 07 Mei 2012

Puncak dan Isinya (1)

gambar.1
edellweissh 
Bagi sebagian besar pendaki atau pecinta alam, bunga abadi atau edellweissh atau dalam bahasa latin anaphalish javanica merupakan maskot yang paling populer. Memang keindahanya tidak diragukan lagi juga mempertimbangkan gelar yang diterimanya, bunga abadi memang (harusnya) abadi. Nah, jika anda berada di puncak Gunung Prau, selain anda menemukan edellweissh, jangan kaget kalau ternyata tanpa tukang kebun yang bersertifikasipun bunga-bunga di sini terlihat apik dan tertata rapi menyebar di sebagian besar bagian puncak gunung.



Di musim penghujan bunga-bunga ini akan tampak sangat indah dan warna yang tertampil lebih bervariasi. salah satu contoh pada gambar.1 adalah bunga yang berhasil mekar di sepanjang musim penghujan.

photo : musveropala
Tapi meskipun kemarau panjang, kawasan puncak masih menyimpan properti alam yang menawan, mulai dari bunga-bunga tadi yang masih bertahan, pohon cemara yang tersisa meski sebagian besar dulu pernah terbakar, juga bentuk bukit-bukit yang menyebar memenuhi jarak pandang penikmat alam masih bisa kita nikmati dengan gratis.
photo: musveropala

Kawasan puncak ini sudah mendapat julukan yang pantas, yaitu Puncak Teletubies. Ya, teletubies adalah tayangan anak-anak jaman kemaren yang di situ sangat akrab sekali dengan tempat bermain para teletubies berupa bukit-bukit indah dengan dihiasi berbagai macam bunga. Seperti itulah gambaran orang-orang jaman kemaren memberikan istilah pada puncak gunung ini, mungkin, karena untuk mencari alasan lain mustahil kayaknya kan?.

photo: musveropala
Puncak Teletubies bisa anda temukan setelah menempuh perjalanan sekitar 2 sampai 3 jam kalau mendaki lewat jalur Dieng, atau 4 sampai 8 jam kalau anda lebih memilih mendaki lewat jalur yang sesungguhnya. Perlu kita ingat, kebanyakan orang mengenal gunung ini lebih ke sisi selatan yang di dominasi kawasan pertanian dan lereng tandus. Sedangkan pada sisi utara yang terdapat di wilayah Kabupaten Kendal ataupun Batang masih sedikit yang mengenal, dan tentunya keasrianya cukup terjaga meskipun di ambang kerusakan.
photo: musveropala

Bentang savana memanjang dari selatan ke utara yang mencapai panjang sekitar 2 km lebih menjadikan kawasan puncak Prau sebagai salah satu pemegang nominasi gunung-gunung yang memiliki puncak terluas di Jawa. Ditambah keindahan bukit teletubies dengan landscape keberbagai arahnya yang tak kalah menariknya dengan gunung lain.


Kita bisa mendapati keutuhan dataran tinggi Dieng mulai dari kawah, candi, lahan pertanian, gunung-gunung di sekitarnya bahkan sampai jalanan di Dieng pun bisa kita lihat dari puncak ini. Sedangkan jika kita melirik sedikit ke barat, jauh ke belakang kawasan Dieng, Gunung Slamet, Ciremai, dan pegunungan di dataran tinggi Kabupaten Pekalongan juga akan terlihat. Ke arah utara kita bisa menangkap gambar utuh dari pantai utara sampai kota-kota di kawasan pantura Kabupaten Kendal dan Batang, dengan catatan cuaca cerah. Sedikit bergeser ke timur, Gunung Muria, Ungaran, bahkan Lawu sekalipun bisa kita lihat. Selanjutnya deretan gunung di Jawa Tengah bagian selatan seperti Merbabu, Merapi, Sumbing, Sindoro menjadi suguhan istimewa saat pagi hari ketika pasukan cahaya merangkak perlahan di sisip-sisip awan menciptakan satu gambar yang tak bisa di hargai dengan uang. tapi tergantung cuaca juga, kalau pas mendung ya mungkin hanya pucuk-pucuk gunungnya saja yang terlihat.
photo: musveropala
photo: musveropala
photo: musveropala
photo: musveropala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar